Cara Efektif Saat Nilai Anak Turun

Cara Efektif Saat Nilai Anak Turun

 

www.quotedstatements.com – Bunda, kira-kira bagaimana reaksi Anda saat mendapati nilai anak turun? Apa Anda langsung memarahinya dan menghukumnya? Atau jam bermainnya Anda hilangkan, yang mana saat ini jam bermainnya dialokasikan sebagai jam untuk belajar?

Cara Efektif Saat Nilai Anak Turun

Hemmm…. Tidak biasa ya bunda melihat anak murung dan tak bersemangat pada saat memberikan hasil ujian sekolahnya. Dan ternyata nilainya anjlok bila dibandingkan ujian yang sebelumnya. Kecewa? Sudah pasti. Rasa ingin marah ya? Tetapi tunggu dulu, pada saat ada dalam situasi yang seperti ini semestinya Anda tak perlu terbawa emosi. Kecewa sih tidak dilarang ya bund, akan tetapi juga tidak dengan marah apalagi hingga menghukumnya. Bukannya kebaikan yang didapatkan, malah akan menumbuhkan trauma lho pada sih anak.

 

Nah, berikut ini akan kami bagikan cara paling efektif untuk mengatasi nilai ujian sih anak yang turun. Mungkin saja nantinya cara tersebut bisa membantu Anda ya bund.

 

Cara efektif saat nilai anak turun

 

Menanyakan terlebih dulu kendalanya

Tak perlu marah-marah ketika nilai ujian sih anak turun. Coba dulu tanyakan pada sih anak apa saja kesulitan yang dia alami. Dengan bertanya apa yang jadi kesulitannya ini maka akan memudahkan sih anak untuk menyelesaikan masalahnya. Tak perlu membentak apalagi hingga memarahinya, hal tersebut malah akan membuatnya lebih merasa terbebani.

Damping sih anak

Pada saat anak sudah cerita kendalanya, sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk mendampinginya belajar. Ajaklah dia untuk membahas kembali semua soal ujiannya. Apabila dia merasa ada soal yang menjadikannya kesulitas, maka dampingilah dia untuk mengerjakannya. Tunjukan bahwasannya Anda bisa jadi teman yang paling menyenangkan untuk diajak berdiskusi.

Sumber Referensi Ini >> http://www.sekolahbahasainggris.com/52-rambu-lalu-lintas-dalam-bahasa-inggris-dan-artinya-gambar-keterangannya-lengkap/

Konsultasikan bersama guru

Bertemu dengan guru sih anak di sekolah, dan konsultasikan tentang kendala belajar yang dihadapi sih anak. Kerjasama yang baik ini nantinya akan dapat meningkatkan pola belajar sih anak. Silakan Anda komunikasi inilah juga akan menjadikan guru tahu tentang apa yang jadi kendala sih anak, dan pastinya Anda juga akan lebih tahu lagi mengenai kegiatan yang dilakukan oleh sih anak pada saat di sekolah.

Jangan sekali-kali membandingkan

Pada saat nilai ujinannya menurun, tak perlu membanding-bandingkannya dengan temanya yang lain. ketika Anda berusaha untuk membandingkan maka dia akan merasa lebih terbebani. Setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda-beda antara anak satu dengan anak yang lainnya tidak sama.

Beri dukungan dan semangat

Walaupun nilai sih anak turun, bukan berarti dia juga tak berhak untuk mendapat dukungan dan juga semangat. Tetap berikan saja dukungan untuk sih anak agar bisa memperbaiki nilai ujiannya tersebut. Dukungan dari orangtua akan menjadikan sih anak kembali bersemangat lagi.

 

Demikian cara efektif saat nilai anak turun yang bisa kami informasikan untuk Anda semuanya. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga :