Cara Kenalkan Jadwal Harian pada Anak Usia Dini

Cara Kenalkan Jadwal Harian pada Anak Usia Dini

www.quotedstatements.com – Ada beberapa hal yang seharusnya Anda perhatikan pada saat mengenalkan jadwal harian pada anak usia dini, mengingat ada banyak sekali anak usia pra sekolah yang masih mempunyai sikap egosentris cukup tinggi. Yang mana mereka ingin lakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya, maunya, tak mau diatur, dan lain sebagainya. Nah, di bawah ini ada beberapa cara mudah yang bisa Anda coba terapkan pada buah hati tercinta.

cara-kenalkan-jadwal-harian-pada-anak-usia-dini

Cara kenalkan jadwal harian pada anak usia dini

Memberikan penjelasan

Anak Anda tidak akan pernah bisa paham jika Anda tidak menjelaskan apa yang telah Anda ingin terapkan padanya. Untuk itulah, berikan saja penjelasan yang sederhana tentang jadwal harian, misalnya saja seperti ini “dik lihat deh ini adalah jadwal harian adik” sembari menunjukkan papan jadwal yang bergambar kesukaan anak Anda. “Pagi hari dik mandi, terus sarapan dan pergi ke sekolah deh. Lalu, di siang harinya sepulang sekolah adik makan siang dan tidur siang ya”. Dengan memberikan penjelasan yang seperti ini, maka anak Anda akan lebih mudah pahami jika ada kegiatan yang sudah terjadwal.

Melibatkan anak

Akan sangat baik sekali jika Anda libatkan anak pada saat menyusun jadwal hariannya. Selain nantinya anak Anda akan merasa lebih dihargai lagi, pelaksanaan jadwal harian ini juga bisa diterapkan dengan lebih mudah. Sebab, anak akan merasa ikut dilibatkan sehingga dia akan merasa lebih bertanggung jawab untuk patuhinya. Lagi pula, apabila anak mangkir Anda bisa ingatkan dia bahwasannya dia juga sudah menyusun jadwal tersebut.

Melakukan control

Memang cukup sulit diawal untuk bisa menerapkan jadwal harian pada anak Anda. Membutuhkan control dari Anda dengan selalu ingatkan dia apa saja yang harus dia lakukan pada saat pagi, siang, sore, dan juga malam hari. Dengan control yang baik seperti ini, maka anak Anda juga akan terbantu untuk bisa mematuhi jadwal hariannya dengan sangat baik. Dan apabila anak Anda bisa ikuti jadwal harian, control dari Anda juga harus dilepaskan secara perlahan. Biarkan saja anak Anda memegang control sendiri pada jadwal hariannya, sebab dengan seperti ini maka anak Anda bisa mendapat banyak manfaat, seperti tanggung jawab dan juag kedisiplinan.

Bersikap yang fleksibel

http://www.gurupendidikan.com/sejarah-agama-islam-di-dunia-telengkap-menurut-para-ahli/ Supaya jadwal harian tidak terkesan membatasi aktifitas anak, ada baiknya disaat tertentu Anda juga harus lebih fleksibel. Misalnya saja  pada saat libur sekolah, hari raya, atau pun saat spesial yang sulit sekali menerapkan jadwal harian. Biarkan saja sesekali jadwal tidur siangnya telat sedikit sebab dia sedang asyik bermain dengan saudaranya yang lagi berlibur di rumah, atau pun dengan membiarkan anak tidak belajar sebab sekolah memang sedang libur, dan lain sebagainya.

Demikian cara kenalkan jadwal harian pada anak usia dini yang bisa kami bagikan. Semoga saja bermanfaat.

Baca Juga :