Klasifikasi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan

Klasifikasi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan

quotedstatements.com – Ada banyak elemen yang sangat penting didalam dunia pendidikan. Selain guru yang dapat menjadi seorang pembimbing, faktor lain yang juga sangat penting didalam dunia pendidikan adalah kurikulum dan media pembelajaran. Kurikulum merupakan suatu elemen pedoman bagi guru untuk memberikan pengarahan dan pembelajaran bagi para siswa dan media dijadikan sarana penunjang apa yang nantinya disampaikan oleh sang guru.

Media yang tepat digunakan maka akan memberikan output yang sangat baik nantinya. Mengenai rumus simple present dan media pembelajaran didalam dunia pendidikan, ada beberapa klarifikasi media pembelajaran yang nantinya akan bisa didapatkan. Dengan klasifikasi ini pemetaan media pembelajaran akan bisa didapatkan.

Klasifikasi media pembelajaran menurut Azhar Arshad

Klasifikasi sumber belajar memang tidak jauh berbeda dengan bentuknya. Menurut Azhar Arshad media pembelajaran ini diantaranya :

  • Pesan (informasi yang ditransmisikan dalam pendidikan)
  • Orang (siapa yang melakukan transmisi)
  • Bahan (apakah yang menyimpan informasi yang diberikan dalam dunia pendidikan tersebut)
  • Alat (siapa atau apakah yang menyimpan informasi)
  • Teknik (bagaimana informasi tersebut ditransmisikan)
  • Lingkungan atau latar (dimana transmisinya)

Klasifikasi media pembelajaran menurut Rudy Bretz

Rudy Bretz sendiri memang mengklasifikasikan media berdasarkan beberapa unsur pokoknya diantaranya seperti suara, visual, dan juga gerak. Kemudian disamping itu juga, Bretz membedakan antara media siar dan juga media rekam dalam kaitannya dengan dunia pendidikan. Dengan begitu media menurut taksonomi dari Rudy Bretz kelompoknya ada beberapa bagian diantaranya media audio visual gerak, media audio visual diam, media audio semi gerak, media visual gerak, media visual semi gerak, media cetak dan juga media visual diam.

Klasifikasi media pembelajaran menurut Sudjana dan Ahmad Rifa’i

Sudjana dan juga Ahmad Rifa’i membedakan atau mengklasifikasikan media ke dalam beberapa kelompok yaitu media grafis (dua dimensi) misalnya gambar, grafik dan juga foto. Media sendiri ada tiga dimensi yang dilakukan, dan media tiga dimensi yang bisa digunakan diantaranya model susun dan model kerja.

Klasifikasi media pembelajaran menurut Soeparno

Media berdasarkan karakteristiknya dibedakan menjadi media yang punya karakteristik tunggal misalkan radio, media yang memiliki karakteristik ganda seperti TV dan juga film. Media pembelajaran didasarkan pada presentasi dibedakan menjadi lama presentasi yaitu presentasi sekilas seperti Tv dan presentasi tidak sekilas misalkan OHP. Media juga diklasifikasi berdasarkan pemakainya yang dibedakan menjadi media berdasarkan jumlah pemakai dan juga media berdasarkan usia dan sekaligus tingkat pendidikan pemakai media tersebut. Dalam hal ini disesuaikan atas kelompok siswa.

Demikian sedikit informasi tentang Klasifikasi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi.

Baca juga artikel pendidikan lainnya :