Sistem Rangka Pada Sistem Anatomi Manusia

Jenis Sistem Rangka Pada Sitem Anatomi Manusia

Quotedstatements.Com  – Dalam struktur tubuh manusia terdapat beberapa sistem, salah satunya yaitu sistem rangka. Sistem rangka merupakan sistem yang berfungsi untuk menyimpan bahan mineral, tempat pembentukan sel darah, sebagi tempat melekatnya otot rangka, melindungi tubuh yang lunak dan menopang tubuh.

Sistem rangka pada manusia terdiri dari tengkorak, tulang rusuk, tulang belakang, rangka penopang tulang bahu, rangka penopang tulang pinggul, tulang anggota badan atas dan bawah.

Dalam tubuh tulang tulang membentuk menjadi sistem rangka. Kemudian, rangka tersebut bersama-sama menyusun kerangka tubuh.

Dapat dikatakan sistem rangka merupakan suatu sistem organ yang memberikan dukungan fisik pada makhluk hidup. Secara umum, sistem rangka pada umunya dibagi menjadi tiga tipe, yaitu eksternal, internal, dan basis cairan (rangka hidrostatik).

Sistem rangka manusia dibentuk dari tulang tunggal atau tulang gabungan seperti tengkorak yang ditunjang oleh struktur lain seperti ligamen, tendon, otot dan organ lainya.  Secara garis besar, rangka dibagi menjadi dua, yaitu rangka rangka aksial dan rangka apendikuler.

Rangka aksial

Rangka aksial merupakan susunan tulang yang letaknya sejajar dengan sumbu tubuh. Rangka aksial terdiri dari tulang belakang (vertebra), tulang tengkorak dan tulang rusuk.

Tulang belakang (vertebra)

Pada tulang belakang terdiri dari 7 ruas tulang leher (servikal), 12 ruas tulang punggung (toraks), 5 ruas tulang pinggang (lumbal), 5 ruas tulang kelangkang (sacrum), dan 4 ruas tulang ekor (coccigeus). Pada tulang kelangkang dan tulang ekor terdiri atas bebrpa ruas namun masing-masing tulang tersebut menyatu membentuk satu ruas.

Tulang tengkorak terdiri dari tulang tempurung kepala, tulang wajah, dan tulang telinga. Tulang tempurung berfungsi untuk melindungi otak yang terdiri dari 1 tulang dahi, 2 tulang ubun-ubun, 2 tulang pelipis, 1 tulang baji dan 2 tulang tapis. Sedangkan tulang penyusun wajah terdiri dari 2 tulang rahang atas, 2 tulang rahang bawah, 2 tulang air mata, 2 tulang langit-langit, 2 tulang pipi dna 2 tulang hidung.

Tulang Rusuk (Costae) dan tulang dada (sternum), http://ow.ly/xacL306rwkJ tulang tersebut berperan dalam melindungi struktur lunak yang terletak didalam rongga dada (thoraks). Tulang rusuk terdiri atas 7 pasang tulang rusuk sejati (costae vera), 3 pasang tulang rusuk palsu (costae spuria) dan 2 tulang rusuk melayang (costae fluctuantes), serta 3 bagian pada tulang dada yaitu taju pedang ( xifoid), bagian hulu (manubrium) yang berfungsi sebagai tempat melekatnya tulang selangka, dan bagian badan (gladiolus) yang berfungsi sebagai tempat melekatnya tulang rusuk sejati.

Rangka Apendikular

Rangka Apendikular adalah susunan tulang anggot atubuh yang terdiri atas rangka apendikular bagian atas dan bagian bawah. Rangka apendikular atas terdiri atas gelang bahu (pectoral girdle) dan tulang tangan.

Pada gelang bahu terdiri atas 2 tulang belikat (scapula) yang berhubungan dengan tulang rusuk dan 2 tulang selangka (clavicula) yang menghubungkan tulang selangka dengan tulang tulang dada.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Sistem Rangka Pada Sistem Anatomi Manusia .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga :